Aplikasi Komputer - Mengenal Corel Draw

Halo, Sahabat!

Dalam edisi aplikasi komputer ini, aku akan berbagi mengenai dasar-dasar  Corel Draw. Hal yang paling mendasar yang aku tulis di sini yaitu penggunaan bentuk persegi, lingkaran, garis lurus, serta pewarnaan. Nah, untuk lebih mudahnya aku beri contoh menggambar lapangan sepakbola. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Buka program Corel Draw di pc/laptop kamu, kemudian klik New Document. Maka muncul seperti ini :
  2. Kemudian pilih Rectangle Tool untuk membuat bentuk persegi panjang sebagai bidang lapangan.
  3. Setelah itu pilih 2-Point Line Tool untuk membuat garis tengahnya.
  4. Klik Ellipse Tool untuk membuat lingkaran tengah lapangan.
  5. Kemudian buat kotak penalti.
  6. Kemudian tekan Ctrl+C untuk menggandakan kotak tersebut, lalu tekan Ctrl+V untuk paste dan atur ukuran serta posisinya sebagai garis area penjaga gawang.
  7. Buatlah objek lingkarang dan persegi, pilih kedua objek tersebut dengan menekan Shift+Klik kiri. Kemudian klik Back Minus Front untuk memotong objek menjadi setengah lingkaran.
  8. Atur posisinya.
  9. Buatlah lingkaran kecil untuk titik penalti.
  10. Pilih semua objek kotak penalti, kemudian klik kanan dan pilih Group Object untuk menyatukan mereka dan agar lebih mudah memindahnya.
  11. Copy dan Paste kotak penalti, kemudian pilih Mirror Vertically, dan atur posisinya di sisi lawannya.
  12. Saatnya mewarnai. Pilih Interactive Fill Tool. Kemudian pilih Two-Color Pattern Fill untuk membentuk pola warna. Setelah itu pilih warna yang kamu inginkan.


  13. Tambahkan garis tendangan sudut dengan membuat lingkaran dan persegi, letakkan lingkaran di sudut persegi, pilih kedua objek, klik Intersect. Atur objek yang telah dipotong ke masing-masing sudut lapangan.
  14. Untuk mengubah warna garis menjadi putih, pilih seluruh objek kemudian klik dua kali tool Outline Pen yang terletak dipojok kanan bawah. kemudian ubah warna garis menjadi putih dengan ketebalan 3 pt. Klik Ok.
  15. Jadilah lapangan sepakbola tersebut. klik File > Save untuk menyimpan.
Demikian pengenalan dasar Corel Draw, selamat mencoba!

(Muhammad Zakaria / 16419141043)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Sistem Pemungutan Pajak

Dunia Muda