4 Kesalahan Mendasar Penulisan Skripsi

Halo sahabat!

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara singkat tentang kesalahan-kesalahan dalam penulisan skripsi. Skripsi merupakan sebuah tugas puncak yang menentukan kelulusan mahasiswa strata 1. Oleh karena itu penguji sangat teliti dalam menilai skripsi ini, sehingga kesalahan kecil dalam tulisan pun juga tahu.

Berikut adalah beberapa kesalahan mendasar yang sering terjadi dalam penulisan skripsi:

1   1.    Kata baku.
Skripsi merupakan sebuah karya ilmiah sehingga penulisannya pun harus menggunakan kata yang baku. Kesalahan yang sering terjadi adalah digunakannya kalimat percakapan sehari-hari yang “dianggap” baku, padahal itu tidak ada di KBBI. Saran dari saya, saat melakukan penulisan usahakan berdasarkan KBBI sehingga tidak fatal akibatnya.

2   2.    Awal paragraf.
Untuk membuat awal paragraf yang menjorok, biasanya mahasiswa melupakan hal yang sangat sederhana dilakukan. Mereka mengira-ngira lebarnya dengan menekan tombol spasi beberapa kali, sehingga terkadangan paragraf satu dengan yang lain tidak sama. Padahal cara yang paling mudah adalah tekan tombol “Tab”, maka dengan otomatis awal paragraf akan menjorok ke dalam.

3   3.    Kutipan
Kutipan yang dimasukkan tanpa dicermati terlebih dahulu bisa menjadi boomerang bagi penulis. Jangan sampai memasukkan kutipan tanpa alas an dan tujuan yang jelas, serta harus sesuai kebutuhan penulisan. Sumber harus dicantumkan, karena jika tidak berarti telah melakukan pagliat.

4   4.    Efektivitas kata
Maksud hati ingin hasil skripsinya banyak lembar, tapi tidak mampu membuat kata-kata efektif. Sehingga kebanyakan skripsi isinya kalimat yang berbelit-belit sehingga susah dipahami. Padahal skripsi yang baik adalah yang bahasanya lugas serta mudah dipahami. Maka usahakan mulai sekarang belajar menulis dengan kalimat yang lugas. Supaya nanti saat tiba waktunya skripsi bisa menulis tanpa kalimat yang berbelit-belit dan mubadzir.

5. Penomoran Halaman
       Penomoran halaman sebenarnya sangat mudah, namun banyak juga yang masih melakukan kesalahan. cara yang sangat cepat adalah klik menu Insert - Page Number. kemudian pilih lokasi serta model diinginkan.

Demikian beberapa kesalahan mendasar tentang penulisan skripsi yang bisa saya sampaikan. Sebenarnya masih banyak sekali kesalahan-kesalahan penulisan yang bersifat teknis, sehingga diharapkan pembaca juga bersedia untuk belajar lebih jauh lagi mengenai penulisan skripsi. Terimakasih.


(Muhammad Zakaria / 16419141043)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Sistem Pemungutan Pajak

Dunia Muda